Jumat, 13 Januari 2012

SJT - PENGALAMAN SEHARI SEMALAM JADI WARTAWAN

Selasa, hari ketiga Januari tahun baru 2012 ini kami habisakan sisa waktu liburan kami di basecamp Radar Kediri dalam kegiatan SJT (School Journalist Trip).
Pagi-pagi kami, siswa MAN Kota Kediri 3 sudah sampai dibasecamp Radar Kediri. Kemudian acara yang sangat bermanfaat ini dimulai oleh Pak Haris sebagai moderator pembukaan acara yang berlangsung diruang Brantas. Peserta kegiatan SJT adalah dari MAN 3 Kota Kediri 24 siswa, SMK Al Huda 6 siswa, dan SMK Nganjuk sebanyak 3 siswa.

Selanjutanya Pemateri acara pembukaan SJT adalah Pak Indro. Beliau memberi banyak penjelasan mengenai berita, tips-tips dalam wawancara, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kewartawanan.  Beliau juga memberi pengarahan tentang kegiatan selanjutnya para peserta SJT, yaitu membuat berita dan fotografi.
Siang harinya, kami melakukan Study keTKP untuk melaksankan tugas pertama kami, yaitu membuat berita dan mengambil foto. TKP untuk kami peserta SJT golongan C adalah BENDUNGAN GERAK WARU-TURI.
Tak sedikit dari kami yang berwawancara kepada pengunjung untuk mecari informasi sebagai bahan berita tugas kami. Ada juga peserta yang jalan-jalan menikmati pemandangan BENDUNGAN yang asri.
Setelah itu kami dibawa keruang control oleh mas Agus Rahmat Hidayat sebagai pemandu wisata kami di bendung Gerak Waru-Turi. Diruang control kami berjumpa dengan Pak Basuki penjaga sekaligus pengontrol Bendung Gerak Waru-Turi yang telah bekeraja disana sejak bendungan dibangun pada tahun 1988 dan yang selesainya pada tahun 1991.
 Berikut adalah sebagian foto dari para peseta SJT :

Pak Basuki member banyak penjelasan mulai dari bagian-bagian bendungan, sampai memberi contoh membuka dan menutup slah satu pintu bendungan.
Setelah menerima penjelasan yang cukup panjang diruang kontrol kami, rombongan peserta SJT kembali ke markas untuk menerima petunjuk berikutnya. 
Setelah menerima penjelasan, tugas kami selanjutnya adalah menunaikan sholat sebagai umat Islam, dan mengisi perut setelah menahan lapar dari pagi.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membuat berita dan mengumpulkan foto hasil jepretan kami selama diTKP tadi. Waktu untuk membuat berita adalah sekitar 2 ½ jam. Kemampuan kami yang pas-pasan, kurangnya alat ketik (laptop) memperlama pekerjaan kami.
Dengan sedikit molor, akhirnya kami semua telah mengumpulkan hasil pekerjaan kami.
Setelah itu, waktunya istirahat untuk kami. Diperbolehkan untuk para peserta untuk kemusholla untuk menunaikan sholat, dan boleh juga ke kamar mandi.
Perjalanan masih panjang, tak kunjung lelah kami melaksanakan kegiatan berikutnya yaitu editing. Yaitu karya-karya berita hasil para peserta dikoreksi.
Hari sudah malam. Tour kedua dimulai. Tujuan kami malam itu ialah percetakan …………………………… disana kami mendapat banyak informasi mengenai pencetakan koran. Kami disana yang dipandu oleh …………… diajak berkeliling-keliling percetakan. Walupun malam itu sudah menunjukkan pukul 12 malam, namun para pegawai percetakan masih semangat mengerjakan tugasnya.
Malam itu memang sangat melelahkan, acara malam itu ditutup dengan makan bersama dijalan Doho Kediri Kota.
Hari kedua dan sekaligus hari terakhir kami akhirnya tiba. Kami tak sabar ingin segera pulang dan melepas semua lelah yang menyelimuti kami. Namun SJT belum selesai, kegiatan kami pagi hari itu adalah jualan koran. Katanya, jualan Koran itu adalah tugas marketing para peserta SJT. Diperempatan jadi rame gara-gara peserta SJT yang berebut menjual konnya kepada para pengguna jalan. :D
Akhirnya tugas selesai kami kembali ke markas dan melaksankan acara penutupan SJT dan pengumuman para pemenang lomba.


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Cool Neon Green Outer Glow Pointer