Minggu, 08 Januari 2012

Tips Belajar Agar Capat Mengerti Pelajaran


               Awal tahun 2012, berarti awal semester juga untuk seorang pelajar seperti saya. Ada baiknya kita mempersiapkan hal-hal untuk satu semester kedepan. Misalnya mempersaipkan buku-buku pelajaran, buku tulis, maupun seragam sekolah. Disamping itu semua, kita juga tak boleh ketinggalan untuk mempersiapkan tujuan kita belajar satu semester kedepan. Apakah kita sudah puas dengan hasil belajar kita dalam semester sebelumnya yang hanya begitu-begitu saja, ataukah kita akan menjadi yang lebih baik. Itulah keputusan anda.


1.Tips-tips belajar agar lebih mengerti pelajaran:
  • Pertama, sudah saya tulis diatas kalau anda sudah faham, yaitu menentukan tujuan atau target belajar selama satu semester kedepan.Ulangi pelajaran yang kita dapat dari sekolah. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya dan buat atau cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan oleh guru esoknya, kita sudah punya gambaran atu dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kita mengerti. Jadi, sepulang sekolah kita mengulang saja dan mencari kesimpulan.
  • Selalu konsentrasi penuh saat menerima pelajaran. Konsentrasi penuh bertujuan agar kita dapat menyerap pelajaran yang diberikan secara maksimal. Dan jangan lupa pula lontarkan beberapa pertanyaan agar semakin jelas dan faham.
  • Tulis dan catat pelajaran yang telah anda terima. Menulis kembali pelajaran memiliki beberapa manfaat, diantaranya dapat memperkuat ingatan kita tentang pelajaran yang telah dipelajari, dan juga kita dapat mempelajari pelajaran sebelumnya dengan adanya catatan yang telah kita tulis.
  
2. Tips Umum Dalam Belajar :
  • Belajar jangan ditemani dengan benda-benda elektronik, lebih baik ditemani buku diktat atau buku-buku yang lain. Benda elektronik seperti Laptop/computer, mp3player,dan hp dapat mengganggu konsentrasi belajar. Hal itu dikarenakan saat kita menggunakan benda-benda elektronik tersebut, pastilah mengalihkan perhatian kita, konsentrasi kita jadi tidak tertuju kepada pelajaran lagi.
  • Internet memang membantu, namun juga ada ada sisi negatifnya. Saya sarankan kalau ingin memakai internet untuk belajar, agar disiapkan waktu tersendiri untuk belajar melalui internet. 
  • Telalu sibuk belajar juga tidak baik, sisihkan juga waktu untuk istirahat.
  • Belajar tidak harus belama-lama, belajar 30menit saja sudah cukup asal pelajaran yang kita pelajari sudah terkuasai.
  • Pandai-pandailah membagi waktu.
  • Sadari berapa besar manfaat anda belajar.

#note. Untuk yang tidak suka belajar bersepi-sepi, anda bisa memutar mp3 player agar suasana lebih enjoy dan nyaman. :D
Gambar diambil dari hil4ry.wordpress.com


Semoga bermanfaat ...
Jurnalist Ma3k 2012©

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cool Neon Green Outer Glow Pointer